Senin, 15 September 2014

Goa Pindul, Wisata Goa & Sungai Purba di Bawah Tanah



 Beberapa tahun belakangan ini kita mendengar goa pindul yang sangat menarik dan diminati oleh para wisatawan baik lokal maupun dari negara lain. Keunikannya menyebabkan tempat wisata  ini sangat diminati oleh para pengunjung, tak heran jika selalu ramai, apalagi hari Sabtu / Minggu dan juga hari libur atau tanggal merah.

Wisata Goa Pindul adalah menelusuri sungai di bawah tanah. Keunikannya karena wisata seperti ini tidak banyak atau bisa dikatakan jarang sekali. Kita bisa menjelajahi goa yang dialiri oleh sungai dan bisa memandangi indahnya struktur batuan yang ada dalam gua tersebut. Batu-batuan tersebut jarang sekali ditemukan di daerah lain, karena batuan tersebut hanya ada di daerah batu kapur / karst. Di dalam gua pun ada yang terang, remang dan gelap abadi.

Air sungai yang mengalir berasal dari sumber mata air bawah tanah yang muncul di ke permukaan dan mengalir dalam gua pindul.

Goa pindul terletak di dusun gelaran, desa bejiharjo, kecamatan karangmojo, kabupaten gunung kidul, daerah istimewa yogyakarta. Daerah gunung kidul adalah yang memiliki struktur tanah yang mayoritasnya adalah bebatuan / tanah kapur / karst.

Gunung kidul adalah daerah yang terletak di deretan pegunungan sewu yang terbentang dari pantai selatan Yogyakarta dan kabupaten Wonogiri (jawa tengah) hingga Tulungagung (jawa timur). Pegunungan ini merupakan daerah karst ( bebatuan kapur), yang terjadi akibat terangkatnya dasar laut ke permukaan hingga tingginya di atas permukaan laut yang terjadi ribuan tahun yang lalu.

Karakter daerah karst adalah memiliki banyak gua di bawah permukaan tanah dan memiliki sungai bawah tanah. Kawasan karst sangat jarang ditemui di dunia sehingga sangat unik dan menarik.

Sungai yang mengalir di bawah tanah ini adalah air yang berasal dari hujan yang tidak bisa ditangkap oleh tanah kapur, sehingga air langsung secara cepat turun ke bawah, jadi tidak heran jika di atas permukaan air sangat sulit didapat. Kondisi inilah yang menyebabkan daerah gunung kidul pada saat musim kemarau banyak yang mengalami kekeringan.

Kecantikan goa pindul tidak saja karena keunikan dari sejarah terciptanya daerah ini ribuan tahun yang lalu, tetapi juga karena indahnya panorama di dalam gua yang dialiri sungai itu. Kita akan melihat bebatuan yang menggantung di langit-langit gua ke dasar sungai ( stalaktit ) ataupun yang dari dasar sungai ke atas ( stalakmit ).  Goa-goa di bawah tanah ini dulu merupakan tempat berlindung manusia purba. Dan juga sering digunakan sebagai tempat-tempat pertapaan di jaman kerajaan dulu. Selain itu indahnya cahaya sinar matahari yang masuk melalui lubang di langit-langit gua, pantulan sinarnya yang menembus air. Dan juga merasakan kemurnian air yang bersumber dari sumber mata air dan juga air yang merupakan aliran dari sungai purba.


Jadi wisata ke goa pindul tidak hanya kita bisa menikmati indahnya keunikan alam Indonesia tetapi juga menyadarkan kita akan sejarah peradaban manusia dan terutama  menyadarkan betapa kecilnya kita dihadapan Sang Pencipta.






.............................................
Sumber gambar:

2 komentar: